Pemko Padang Panjang Bantu Warga Biaya Sambung Pipa Air Minum ke Rumah

EKONOMI-1051 hit

PADANG PANJANG - Pemko melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) memberikan bantuan Penyambungan Rumah (SR) jaringan perpipaan air minum.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR, Syahrinal Efendi, ST mengatakan, bantuan tersebut dialokasikan dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) Air Minum Kemen PUPR tahun 2021.

SR ini, katanya, memasukkan meteran air PDAM ke rumah-rumah warga, yang biasanya memakan dana Rp 2 jutaan per rumah, tapi kali ini dilakukan pemasangan secara gratis.

Baca Juga


Syahrinal juga mengatakan, teknis pengerjaan penyambungan rumah dan jaringan perpipaan air minum ini, dilakukan dengan sistem tender yang dilakukan pada bulan Mei mendatang. Dan pengerjaan fisik diperkirakan terlaksana pada Juni mendatang.

Lebih lanjut Syahrinal mengatakan, ada 430 warga dari 16 kelurahan di Padang Panjang yang sudah disetujui Dinas PUPR dan Kemen PUPR untuk menerima bantuan SR ini.

"Jumlah yang sudah kami setujui ini, berdasarkan usulan dari kelurahan, dan sudah memenuhi syarat dan kriteria yang ditentukan. Seperti rumah dengan daya listrik maksimal 900 VA dan jarak rumah dengan jaringan pipa PDAM maksimal 10 meter," jelasnya Kamis (29/4).

Berdasarkan syarat dan kriteria tersebut, katanya lagi, bisa disimpulkan warga yang mendapat bantuan adalah warga dengan keadaan ekonomi menengah ke bawah. (dega/lex)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru