Baznas Bukittinggi Salurkan Bantuan untuk 150 Mustahig di Kec Guguak Panjang Senilai Rp 60 Juta

EKONOMI-1142 hit

Penulis: Yus | Editor: Medio Agusta

BUKITTINGGI - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1422 Hijriah (2021 Masehi ini), Baznas Bukittinggi salurkan Bantuan Konsumtif untuk 150 mustahig di Kecamatan Guguak Panjang senilai Rp 60 Juta.

Penyerahan zakat bidang kemanusiaan itu dimulai di kecamatan Guguak Panjang, bertempat di Masjid Jami' Tarok, Selasa (27/04), ujar Ketua Baznas Bukittinggi Masdiwar.

Dikatakannya, Penyerahan bantuan bidang kemanusiaan melalui program Bukittinggi Peduli ini, diserahkan secara simbolis oleh Baznas bersama Pemerintah Kota Bukittinggi, Kepala Kantor Kementrian Agama Bukittinggi, Camat Guguak Panjang, serta Kepala Kelurahan se Kecamatan Guguak Panjang.

Baca Juga


Menurut Ketua Baznas Bukittinggi, Masdiwar, penyaluran zakat kali ini merupakan salah satu program Baznas bidang kemanusiaan Bukittinggi Peduli. Data mustahiq yang mendapatkan rezeki kali ini didapat dari pihak kecamatan dan kelurahan.

"Data kita minta melalui pihak kecamatan dan kelurahan", ungkap Masdiwar.

Untuk itu Ketua Baznas mengucapkan terima kasih kepada pihak kecamatan yang telah memfasilitasi kegiatan ini dan terlaksana dengan baik.

Ketua Baznas mengharapkan, bagi mustahiq yang meberima bantuan, jangan dilihat dari jumlahnya, Namun bantuan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para mustahiq,jelasnya.

Bantuan konsumtif bidang kemanusiaan yang telah diserahkan kepada 150 mustahiq di kecamatan Guguak Panjang, masing masibg menerima Rp 400 ribu dengan total Rp 60 juta.

"Terima kasih kepada muzakki yang telah menunaikan zakat melalui Baznas. Semoga kedepan semakin banyak muzakki yang menyalurkan zakatnya melalui Baznas Bukittinggi dan zakat yang diserahkan pun diberkahi Allah SWT," ungkap Masdiwar.

Selanjutnya, Baznas Bukittinggi juga menjadwalkan penyerahan zakat untuk mustahiq di kecamatan ABTB yang akan dilaksanakan di Masjid Jami' Aur Kuning. Sedangkan penyerahan zakat untuk mustahiq di kecamatan MKS, akan diserahkan di Masjid Nurul Wathan, tambahnya.

Sementara itu, Bagian Kesra Setdako Bukittinggi, Afrinal DT. Maruhun, mengapresiasi gerak cepat Baznas Bukittinggi. Banyak program yang diluncurkan untuk membantu masyarakat melalui zakat. Apalagi saat ini, dalam bulan suci Ramadhan dan akan memasuki Hari Raya Idul Fitri.

"Jangan nilai bantuan dari jumlahnya. Tapi lihat dari keberkahannya. Semoga dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pokok, apalagi kita dalam masa pandemi ini," pungkasnya.

Camat Guguak Panjang, Syanji Faredi, menyampaikan, penerima zakat telah dijaring dan ditinjau ke lapangan. Untuk kecamatan Guguak Panjang, terdata 514 KK yang tergolong kurang mampu. Namun, untuk bantuan dari Baznas ini, hanya bisa diberikan untuk 150 KK.

"Terima kasih kepada Baznas. Bagi yang belum menerima, akan kita upayakan pula dengan program lainnya. Kepedulian kita bersama sangat dibutuhkan. Bagi yang menemukan warga Guguak Panjang, yang dinilai kurang mampu, diharapkan dapat dilaporkan ke pihak kelurahan dan kecamatan," ujar Syanji. (Yus)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru