Menparekraf Minta Wako Sawahlunto Sinergi dengan Andre Rosiade Kembangkan Pariwisata

PARIWISATA-820 hit

JAKARTA - Menparekraf, Sandiaga Uno meminta Anggota DPR RI asal Sumbar, Andre Rosiade membantu percepatan peningkatan kualitas pelayanan pariwisata di Kota Sawahlunto.

Jaringan Andre di pusat jadi harapan menyelesaikan bengkalai usaha pariwisata di sana.


Baca Juga


"Dapil Sumbar 1 punya 'duta besar' di Jakarta, anggota DPR RI kebanggaan kita Andre Rosiade. Pak Andre bisa berkoordinasi dengan BUMN-BUMN karena berada di Komisi VI untuk menyelesaikan masalah-masalah di Sawahlunto ini," kata Sandiaga dalam keterangan tertulis, Minggu (25/4/2021).


Ia meminta Andre untuk meminta dukungan penuh PT Bukit Asam dalam pengelolaan pariwisata Sawahlunto. Bahkan sejumlah proposal sudah langsung disampaikan oleh Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta untuk dikoordinasikan dan disinergikan di Jakarta.


"Saya titip langsung dengan Pak Andre Rosiade untuk Kementerian BUMN, karena beliau di Komisi VI. Tentunya Agar PT BA mendukung secara penuh Kota Sawahlunto bertransformasi dari kota tambang menjadi kota pariwisata sejarah dan budaya," imbuhnya.


Sandi juga memiliki catatan khusus untuk pariwisata Sawahlunto. Menurutnya catatan yang dibuat yakni sejumlah ruas jalan yang masih sempit dan banyak berlubang bisa saja menyulitkan mobilisasi masyarakat apalagi setelah pandemi COVID-19 selesai.


Khusus untuk jalan, Sandiaga mengatakan Wali Kota Sawahlunto diminta bersinergi dengan Andre Rosiade yang dalam waktu dekat akan memboyong sejumlah bupati dan wali kota se-sumbar untuk bertemu Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.


"Mohon disinergikan pak Andre dengan Kementerian PUPR. Pak Wali Kota juga bisa ikut dalam koordinasi dan meminta penekanan khusus untuk jalan di sini," kata dia.


Sandiaga juga mengatakan masih belum mendapatkan jaringan seluler yang maksimal di kota itu. Untuk jaringan seluler di luar kota dinilai masih susah dan ia akan memberi masukan Kemenkominfo untuk membantu. Apalagi menurutnya di sana banyak spit Instagramable yang bisa menjadi konten menarik.


Ia memastikan Kemenparekraf siap berperan aktif mendukung peningkatan pembangunan dan pengelolaan pariwisata Kota Sawahlunto. Realisasinya melalui dana alokasi khusus (DAK), mendukung scale up pada event-event, peningkatan sumber daya manusia (SDM) pengelola pariwisata, sampai strategi khusus dalam menjangkau wisatawan mancanegara untuk wisata kota tua atau heritage.


Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta menyatakan kunjungan Menparekraf, Sandiaga sangat berarti bagi Sawahlunto. Ini menjadi momen strategis peningkatan sinergi Pemkot Sawahlunto dengan Kemenparekraf.


"Terima kasih Menparekraf, terima kasih pak Andre Rosiade. Kita memang butuh pak Sandi datang ke Sawahlunto agar melihat dan merasakan langsung seperti apa Sawahlunto itu. Sehingga pak Sandi mengetahui langsung kebijakan dan program seperti apa yang sesuai untuk membantu pariwisata Sawahlunto," katanya.


Sementara itu Andre Rosiade mengaku siap membantu percepatan pembangunan wisata di Sawahlunto. Menurutnya Menparekraf telah memberi amanah dan pihaknya sebagai wakil rakyat dari Dapil 1 Sumbar siap menjalankannya. Pertama, Andre mengatakan dukungan dari BUMN PTBA yang memiliki lahan sangat luas di Sawahlunto akan dialihkan atau difungsikan oleh Pemkot Sawahlunto dan untuk hal ini sudah dibicarakan dan dimasukkan surat-suratnya langsung ke Menteri BUMN, Erick Thohir.


"Soal jalan ini akan kita bicarakan pekan depan dengan Menteri PUPR dan pak Wako Deri Asta juga harus ikut," kata Andre. (rls)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru