BPBD Padang Panjang Nyalakan Sirene Selama Satu Menit, Ini Alasannya

PEMERINTAHAN-466 hit

PADANG PANJANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Kebangsaan Politik (BPBD Kesbangpol) Padang Panjang bunyikan sirene sebagai tanda Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana tahun 2021 di Simpang Tiga Lampu Merah PDAM, Jalan Muhammad Yamin, SH, Senin (26/4).

"Sebagai peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana HKB), kita bunyikan sirene selama satu menit dan diminta para pengendara untuk diam sejenak sebagai bentuk imbauan kepada masyarakat untuk bisa melakukan evakuasi secara mandiri jika terjadi bencana. Ini sesuai dengan tema yang diangkat yakni Siap untuk Selamat," jelas Plt. Kepala BPBD Kesbangpol melalui Staf Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Toni Arianto.

Dikatakannya, karena peringatan kesiapsiagaan bencana ini dalam masa pandemi Covid-19, sehingga tidak bisa melaksanakan latihan evakuasi secara bersamaan. Maka dari itu kepada masyarakat diminta untuk bisa melakukan latihan evakuasi mandiri di tempat masing-masing.

Harapannya, masyarakat dapat mengenali bencana yang ada di sekitar dan melakukan evakuasi secara mandiri.

"Tingkatkan budaya sadar bencana, agar kita bisa mengurangi korban jiwa dan kerugian harta benda," ajaknya.

Untuk diketahui, Inisiasi dari BNPB menjadikan tanggal 26 April sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana tersebut bertujuan untuk membudayakan latihan secara terpadu, terencana dan berkesinambungan guna meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat menuju Indonesia Tangguh Bencana. (cici/lex)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru