Kompetisi Sains Nasional Tingkat SD Solok Selatan Resmi Digelar

PENDIDIKAN-664 hit

PADANG ARO - Kompetisi Sains Nasional tingkat Sekolah Dasar (KSN-SD) resmi digelar di SDN 01 Pakan Rabaa, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, Kamis (22/4/2021).

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Solok Selatan, diwakili Kasi Kurikulum, Rafendi Yuzuar, S.Pd., saat membuka kompetisi tersebut mengatakan, Kompetisi Sains Nasional Sekolah Dasar (KSN-SD) Tahun 2021 dilaksanakan serentak se-Solsel di masing-masing Kecamatan.

"Tujuan dilaksanakan KSN-SD Tahun 2021 sebagai wahana kompetisi dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bagi peserta didik SD untuk meningkatkan mutu pendidikan, khususnya bidang sains yang berasaskan pendidikan karakter meliputi religiusitas, integritas, nasionalisme, mandiri, dan gotong royong," ungkap dia.

Selain itu, kegiatan ini juga sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam menumbuhkembangkan budaya belajar, berkreativitas, dan berprestasi.

"Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas," jelas dia.

Hadir diacara KSN-SD tingkat KecamatanKoto Parik Gadang Diateh (KPDG) di SDN 01 Pakan Rabaa, Kepala UPTW Pendidikan KPGD, Bustami, S.Pd., Pengawas, M. Susmaladewi Murni, serta 23 orang Kepala SD se-Kecamatan KPGD.

Ditambahkan Rafendi Yuzuar, S.Pd., KSN ini juga digunakan untuk mengukur kemampuan anak sekolah dasar dalam menyerap pembelajaran, terutama sains IPA dan Matematika, serta untuk mengetahui sudah sampai mana kurikulum itu bisa berjalan di sekolah.

"KSN ini juga kita pergunakan sebagai alat evaluasi untuk mengukur kemampuan peserta didik dan penerapan kurikulum, mudah-mudahan ke depannya bisa tampil pada ajang tingkat Nasional," kata dia.

KSN kali ini diikuti 46 orang pelajar yang terdiri dari 23 orang untuk bidang studi IPA dan 23 orang untuk bidang studi Matematika dari setiap kecamatan.

Menurut Kepala UPTW Kecamatan KPGD, Bustami, yang juga Penanggungjawab KSN, didampingi Pelaksana Kegiatan, Asbandi, S.Pd., M.Pd., dan Sastrawati, S.Pd., menjelaskan, pengawasan kegiatan sepenuhnya diserahkan pada pengawas sekolah.

"Adapun jadwal kegiatan KSN sudah ditetapkan, yaitu selama 90 menit, dan selesai pelaksanaan lansung dilakukan pemeriksaan yang dipusatkan di kantor UPTW Pendidikan Kecamatan," jelas Bustami. AA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru