SMP Negeri 32 Solsel Gelar Pesantren Ramadhan

PENDIDIKAN-755 hit

Padang Aro - Marhaban Ya Ramadan, bulan penuh berkah. Bulan dimana syetan dibelenggu, pahala berlipat ganda, dan Allah membuka lebar-lebar pintu surga. Bahkan Momen bulan itu juga untuk belajar agama lebih baik dan untuk lebih mendekatkan diri pada sang Pencipta Allah Swat.

Itu adalah Sekulumit harapan yang disampaikan Kepala SMP Negeri 32 Solsel, Yulinda Etfita, SH, M. Pd pada 83 orang peserta Pesantren Ramadhan 1442 H.2021 M.

Menurut Yulinda Etfita, kegiatan pesantren ini selain sebagai bentuk kegiatan rutin bulan ramadhan, juga memiliki tujuan mencari keredaan serta meningkatkan iman dan taqwa pada allah Swt.

Bahkan momentum itu juga dapat dijadikan sebagai sarana peningkatan ilmu keagamaan. Bahkan berbagai makna keimanan dan beribadah akan dapat diperoleh oleh masing-masing siswa dari para guru mata pelajaran yang terlibat saat kegiatan," jelas Yulinda Etfita, didampingi Ketua Pelaksana Kegiatan Pesantren yang juga Wakil Kepala Sekolah, Akmalizar, M. Pd.

Artinya, kegiatan pesantren yang dibawah koordinator pelaksana, guru PAI, Rezi Rahmat, M. Pd itu selain bermetode ceramah, juga yang sangat khusus dengan medel Mentoring dan metode kegiatan bimbingan kelompok kecil," tambah It panggilan Yulinda Etfita.

" Masing-masing kelompok akan di bimbing oleh seorang guru/mentor," katanya.

Ditambahkannya, kedepan sekolah yang megah terletak di Pinang Awan ini harus menjadi minat bagi anak didik di daerah ini. Makanya pihak sekolah sudah menerapkan beberapa program unggulan sekolah bidang keagamaan.

Diantaranya program keagamaan yang sudah dilaksanakan sekolah anatara lain, pelaksanaan shalad duha, tafizd dan shalad berjemaah, serta pengajian terkait penguatan budi pekerti, akidah dan ahklak mulia siswa

" Momen dihari biasa sekolah, kegiatan keagamaan tersebut telah menjadi kegiatan pembiasaan di sekolah ini , " pungkas Yulinda Etfita.

Ditambahkan Akmalizar, bahwa kegiatan pesantren ini dimulai Senin - Sabtu (19-24/4) dan dua tempat, pertama di Mushallah Nurul Ihsan Sapan Bawah hingga hari Rabu (21/4/2021). Kemudian di Masjid Baiturrahmah mulai Kamis hingga Sabtu.

" Pelaksanaan pesantren dilakukan di rumah ibadah yang ada di dekat sekolah. Karena ada dua rumah ibadah dekat dengan sekolah, maka keduanya kita mamfaatkan untuk kegiatan," jelas Akmalizar didampingi Rezi Rahmat.

Adapun jenis kegiatan selama pesantren antara lain, tadarus Al-Quran, keimanan, muamalah, ibadah, ahklak, dan terakhir kegiatan lomba, " jelas Akmalizar.

Kegiatan pesantren ini melibatkan 20 orang guru, dengan dukungan penuh Komite SMP Negeri 32 Solsel di Pinang Awan ini yang diketuai Tunut.AA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru