Persiapkan Nagari Percontohan, TPPKK Tanah Datar Gelar Rapat Kerja

PEMERINTAHAN-174 hit

Batusangkar - Rapat Kerja Daerah Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TPPKK) Kabupaten Tanah Datar telah dilaksanakan beberapa waktu lalu dan kepengurusan TPPKK Tanah Datar masa bakti 2021-2024 pun telah dilantik Bupati Tanah Datar.

Diikuti dengan pertukaran kepengurusan yang baru itu, ditingkat kecamatan hal itu pun harus dilakukan, saat ini di Tanah Datar masih ada beberapa kecamatan yang belum membentuk kepengurusan yang baru, sementara masa tugasnya sudah berakhir pada tahun 2020 yang lalu.

Hal itu dikatakan Ketua TPPKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra ketika membuka rapat kerja TPPKK Tanah Datar yang juga sekaligus pertemuan bulanan dan dalam rangka persiapan lomba gerak PKK tahun 2021, Minggu (18/04) di Gedung Indo Jolito Batusangkar.

"Kepada pengurus TPPKK Kecamatan agar segera membentuk kepengurusan yang baru bagi yang sudah berakhir masa bakti kepengurusannya begitu juga TPPKK Nagari untuk melakukan hal yang sama," ucapnya.

Dikatakan Ny. Lise Eka Putra dalam TPPKK dibutuhkan kepengurusan yang solid dan mampu bersinergi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait maupun lembaga lainnya, karena PKK bukanlah organisasi namun juga sebagai lembaga pemerintah.

"Dari hasil rapat kita beberapa waktu lalu ada lima nagari contoh yang telah ditetapkan seperti di Kecamatan Lintau Buo, Padang Ganting, Tanjung Baru, Lima Kaum dan Batipuh Selatan dan itu tidak bisa lagi dilanjutkan karena berdasarkan rakernas TPPKK Provinsi Sumatera Barat, penilaian di tahun 2021 ini sangat berbeda dari tahun sebelumnya," ujar Ny. Lise.

Disampaikanya penilaian tahun ini berada dalam satu nagari di satu kecamatan dengan lima kategori penilaian yang terbentuk dalam satu kawasan dalam satu nagari itu. Dari itu dia berharap pembinaan terhadap nagari itu tidak semata untuk berlomba namun untuk bertahan lama.

"Dalam penilaian nanti dibutuhkan dokumenter yang mencakup kelima kriteria penilaian, jadi kader PKK harus aktif dalam kegiatan PKK dan aktif dimedia sosial, kunjungan lapangan dan diharapkan TPPKK Nagari harus benar-benar siap dan dapat menampilkan lima kategori itu," ujarnya.

Ny. Lise juga menyebut awal Juli mendatang akan ada Jambore PKK Tingkat Provinsi Sumatera Barat dari itu diminta kader untuk mempersiapkannya dengan matang, sementara untuk jambore PKK tingkat kabupaten ditiadakan.

Hal senada juga dikatakan Wakil Ketua TPPKK Tanah Datar Ny. Patty Richi Aprian yang meminta seluruh kecamatan untuk saling mendukung, jika salah satu kecamatan dijadikan pecontohan, maka kecamatan yang lain memberikan dukungan.

"Saat ini penilaian tidak lagi sebatas foto namun juga video, jadi diharapkan kecamatan dan nagari membuat vlog atau video kegiatan sesuai dengan 10 program pokok PKK dan di share di medsos karena yang banyak like akan manambah poin penilaian,"ucapnya.

Rapat kerja sekaligus pertemuan bulanan TPPKK kabupaten itu juga dihadiri Ketua TPPKK kecamatan dari 14 kecamatan yang ada di Tanah Datar. (Irfan F)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru