Transaksi Non Tunai, Rutan Muara Labuh Solsel Gunakan Brizzi BRI

PEMERINTAHAN-254 hit

MUARA LABUH - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Muara Labuh melaksanakan kegiatan kerjasama transaksi cashless (tanpa uang tunai) dengan pihak Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Pembantu Sangir, Kabupaten Solok Selatan.

Kegiatan penyerahan kartu BRIZZI BRI dil ingkungan Rutan Muara Labuh dilakukan secara simbolis oleh Pimpinan Kantor Cabang Pembantu BRI Sangir, Agus kepada Kepala Rutan, Sarwono diruang kerjanya, Senin (19/4/2021).

Sarwono usai menerima kartu BRIZZI BRI dari Pimpinan Cabang Pembantu BRI Sangir, Agus mengatakan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan sosialisasi transaksi cashless yang sebelumnya dilaksanakan di Rutan Muara Labuh oleh pihak BRI.

Baca Juga


"Kegiatan ini dilakukan berdasarkan Surat Edaran Ditjen Pemasyarakatan Tentang Bebas Peredaran Uang (BPU) di Lapas dan Rutan. Makanya pihak kami menerapkannya," kata Sarwono didampingi Agus.

Penyerahan kartu yang dilakukan secara simbolis oleh Agus kepada Kepala Rutan Muara Labuh, Sarwono, selanjutnya akan dibagikan pada seluruh pegawai. Adapun kartu tersebut dalam bentuk Kartu Pengenal (ID Card).

Menurut Sarwono, penggunaan alat tukar non tunai ini akan diterapkan bagi seluruh karyawan Rutan saat bertransaksi di Kantin yang ada di Rutan. Sehingga upaya untuk menjadikan Rutan Bebas Peredaran Uang (BPU) akan terwujud.

Bahkan kedepan kartu ini akan dapat juga dipergunakan oleh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) sebagai alat transaksi di dalam Rutan.

"Kami akan melaksanakan dan menjalankannya secara bertahap, dimulai dari penggunaan kartu BRIZZI BRI oleh pegawai. Selanjutnya, kartu BRIZZI akan dibagikan kepada WBP sehingga bisa digunakan oleh para WBP demi terwujudnya Bebas Peredaran Uang di Rutan," ujar Sarwono.

"Sebelumnya untuk bertransaksi di kantin maupun di warung telekomunikasi rutan, kami menggunakan uang tunai," tambah Sarwono.

Kami berharap penggunaan Kartu BRIZZI di Rutan Muara Labuh dapat dijadikan solusi untuk mendukung program BPU sehingga kedepannya uang tunai tidak ada lagi yang beredar di dalam Rutan.

Sarwono, juga mengapresiasi kepedulian BRI Kantor Cabang Pembantu Sangir yang telah membantu mewujudkan Bebas Peredaran Uang (BPU) di Rutan.

Menurutnya, penggunaan Kartu BRIZZI sudah direncanakan sejak lama, namun baru dapat terealisasi sekarang.

"Bahkan dengan adanya kartu BRIZZI BRI ini kita dapat mengurangi peredaran uang tunai di Rutan. Hal ini sejalan dengan tekad kuat Rutan Muara Labuh menuju WBK (Wilayah Bebas Korupsi)," tutup Sarwono.

Sementara Pimpinan Capem BRI Sangir Solsel, Agus dikesempatan itu juga mengapresiasi pihak Rutan Muara Labuh yang sudah mempercayai BRI sebagai mitra.

"Kedepan tentu kemitraan ini akan dapat berlanjut dalam berbagai bentuk kegiatan," kata Agus. AA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru