Efektifkan Tugas Tim Gugus Tugas Covid Di Semua Lini

134 hit
Paskibraka Kota Padang Panjang Dikukuhkan

Yusrizal

Wartawan Berita Minang.com Payakumbuh

Sejak maret 2020 lalu virus covid 19 menyerang sampai ke ranah minang, khusus di Kotarandang Payakumbuh, sampai saat ini belum ada tanda tanda akan berakhir,malahan cenderung meningkat.

Pasien pertama yang divonis terpapar virus covid 19 itu adalah seorang pedagang di pusat pertokoan Payakumbuh yang akrab dipanggil H Esa, dia diketahui terpapar virus yang mematikan, setelah berobat Tanggal 19 April 2020 ke RS. Yarsi Payakumbuh dan besoknya tanggal 20 April 2020 dia berobat lagi ke RSU. dr Adnaan WD Payakumbuh. Dan malamnya langsung ke RS. dr. Achmad Muchtar Bukittinggi, untuk menjalani isolasi sampai sembuh. Sekarang yang bersangkutan sudah beraktivitas kembali seperti biasa.

Tercatat di Kota Randang Payakumbuh dalam rentang waktu April 2020 sampai Kamis 28 Januari 2021 ( 10 bulan) sudah 726 orang yang dinyatakan positif terpapar covid 19, sudah termasuk penambahan 2 orang pada hari kamis (28/1) tersebut.

Dari 726 orang yang terkonfirmasi positif itu, 662 orang (91.18%) diantaranya dinyatakan telah sembuh, dan 9 orang (1.24%) Meninggal, dan 55 orang masih menjalani pengobatan dan isolasi.

Penyebaran virus corona itu, telah menyerang dari seluruh tingkatan usia, mulai dari balita, remaja, sampai orang dewasa, mulai dari masarakat umum,anak sekolah,pegawai negeri,dari staf sampai pejabat eselon dua,termasuk wakil walikota, pegawai swasta, pegawai BUMD,pegawai perbankkan,termasuk dokter dan petugas kesehatan, telah diserangnya.

Artinya, virus yang berasal dari wuhan itu tidak memandang pangkat,jabatan dan usia yang diserangnya.

"Kita semua berpotensi diserang virus corona, apabila imun tubuh kita lemah, abai terhadap protokol kesehatan 3 M, kontak dengan pasien positif atau yang berbahaya kontak dengan Orang Tanpa Gejala ( OTG ), maka siap siaplah untuk diisolasi, dan kemungkinan terburuk adalah meninggal dunia".

Untuk mengatasi tidak semakin menyebar virus covid 19 itu, Pemerintah Kota Payakumbuh telah melakukan berbagai upaya, mulai dari pembentukan tim gugus tugas percepatan penanggulangan virus Covid19 yang dipimpin Walikota bersama Forkopimda, melakukan sosialisasi, membentuk tim gugus tugas sampai tingkat RW, dan membentuk kampung tangguh, dan sekolah tangguh.

Bagaimana hasil dari upaya memutus mata rantai penyebaran virus covid19 itu??

Bila kita lihat dari data jumlah positif covid 19 di Payakumbuh 726 orang dalam rentang waktu 10 bulan. Bila kita ambil rata rara perbulannya, ada sekitar 72,6 orang yang terpapar dalam satu bulan atau 2 orang atau lebih setiap harinya.

Kenapa itu bisa terjadi, ada beberapa kemungkinan penyebabnya, diantaranya tugas tim gugus tugas masih perlu lebih di tingkat dalam kegiatan sosialisasi kepatuhan terhadap protokol kesehatan untuk disiplin memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak dengan menghindari kerumunan. Untuk ini perlu ditingkatkan pengawasan di setiap ruang yang ada, baik oleh tim gugus tugas tingkat Kota untuk level kota, tim gugus tugas Kecamatan untuk kevel Kecamatan,tim gugus tugas Kelurahan untuk tingkat kelurahan dan RW untuk tingkat RW serta tim gugus tugas sekolah untuk lingkungan sekolah.

Tingkat kepercayaan masarakat akan kebenaran virus covid19,masih kurang. Buktinya sebagian besar masarakat masih mengabaikan Prokes 3M,kalaupun mereka memakai masker, itu tidak lebih dari rasa rakut kena razia petugas, bukan karena takut terpapar virus corona.

Kesimpulannya, masih perlu ditingkat pemberian edukasi kepada seluruh lapisan masarakat akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan dengan disiplin menerapkan 3M.

Perbanyak kegiatan sosialisasi baik secara langsung kepada seluruh lapisan masarakat, maupun sosialisasi melalui pamplet pamlet, brosur, baliho dan spanduk spanduk, termasuk himbauan kepada seluruh stakholder untuk meningkatkan peran sertanya mengedukasi masarakat dan pengusaha pengusaha tempat tempat perbelanjaan, rumah makan, restoran dan cafe cafe membuat pengumuman dipintu masuk tempatnya "kawasan wajib protokol kesehatan 3M" ,petugasnya mengawasi setiap pengunjung yang tidak pakai masker agar di tegur, disuruh mencuci tangan lebih dahulu sebelum masuk dan mengukur suhu tubuh serta menjaga jarak, terutama saat antrian di tempat kasir.

Keseriusan semua pihak dalam memutus matarantai penyebaran virus covid 19,sangat menentukan dalam upaya memenangkan berperang melawan virus corona.kuncinya terletak pada disiplin seluruh lapisan masarakat dalam menerapkan prokes 3M. Semoga virus covid 19 cepat berlalu dari bumi pertiwi,amiiin.

(Yusrizal)

Komentar

Artikel Terbaru