Peran Guru Meningkatkan Prestasi Siswa Saat Pandemi

1244 hit
Paskibraka Kota Padang Panjang Dikukuhkan

Afni Nora

Mahasiswa PAI IAIN Batusangkar

PANDEMI Ccovid-19 mebuat banyak pengaruh bagi masyarakat terutama bidang Pendidikan. Dibidang Pendidikan pemerintah mengeluarkan ketegasan untuk proses pembelajaranberbasis online (daring). Dengan demikian tentu menjadi permasalahan bagi pendidik dan peserta didik untuk menghadapi hal tersebut. Mau tidak mau, suka tidak suka tentu harus dilaksankan karna untuk menghambat penyebaran virus Covid-19 tersebut.

Maka dari itu bagaimana pengaruh guru dalam upaya meninggkatkan prestasi siswa selama pendem iini? Terutama dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Tentu pendidik lebih ekstra lagi dalam mendidik dan penyampaian materi yang diajarkan. Terbi hsekarang pendidik tidak mengetahui apa yang dilakukan peserta didiknya selama pembelajaran daring. Hal pertama yang harusdilakukan pendidik untuk dapat meningkatkan prestasi peserta didik, yaitu kerjasama dengan orang tua peserta didik tersebut.

Adapun bentuk kerjasama pendidik dan orang tua yaitu:

1. Mengadakan surat menyurat antara sekolah dan orang tua. Surat menyurat ini perlu diadakan, terutama pada waktu-waktu yang sangat diperlukan bagi perbaikan pendidikan pesrta didik. Seperti surat peringatkan dari guru kepada orang tua jika anaknya perlu giat belajar, selalu mangkir atau membolos, dan lain lain.

2. Mengadakan daftar nilai atau rapor. Daftar nilai atau rapor yang dibagikan kepada peserta didik dapat dijadikan sebagai penghubung antara pendidik dan orang tua peserta didik. Pedidik dapat memberikan surat peringatan atau meminta bantuan orang tua yang hasil penilaian anaknya kurangbaik, atau sebaliknya jika anaknya mempunyai keisitimewaan dalam suatu mata pelajaran agar dapat lebih giat dalam mengembangkan bakatnya.

3. Kunjungan guru kerumah orang tua murid atau sebaliknya kunjungan orang tua kesekolah. Hal ini lebih mengungtungkan dari pada hanya mengadakan surat menyurat saja. Tentu saja kunjungan guru keruamh orang tua murid itu dilakukan bila mana diperlukan, misalnya membicarakan kesulitan-kesulitan yang dialami peserta didi kdalam proses pembelajaran. Secara umum orang tua peserta didik sangat senang atas kunjungan guru karena ia merasa bahwa anaknya itu sungguh-sungguh diperhatikan. Bagi peserta didik sendiri lebih merasa segan dan hormat kepada guru yang telah mengenal keluarganya atau orang tuanya.

4. Mendirikan perkumpulan atau pertemuan antara orang tua dan guru. Jika perkumpulan semacam ini sudahdapat diusahakan, segala usaha yang telah diuraikan di atas akan mudah dilaksankan dengan sebaik-baiknya. Adanya pertemuan anatara pendidik dan orang tua peserta didik dapat membantu melancarkan proses pengajaran. Semua masalah dalam proses kerjasama guru dan orang tua dapat dilaksankan dengan musyawarah mufakat.

Dengan adanya usaha kerjasama antara guru dan orang tua maka orang tua akan memperoleh informasi dan pengetahuan dari guru mengenai anak-anaknya. Sebaliknya guru dapat juga memperoleh dari orang tua tentang kehidupan dan sifat-sifat peserta didiknya di rumah. Kerjasama yang baik akan menghasilkan hal baik juga bagi pendidik,pesertadidik sera orang tua (adhetya dkk.2020:jurnal Pendidikan islam).

Selain usaha kerjasama antara pendidik dan orang tua, pembelajaran daring juga masih memerlukan perhatian besar bagi pendidik. Ada permasalahan yang dapat mengangu proses pembelajaran online yaitu siswa memiliki motivasi belajar yang kurang ketika melakukan pembelajaran online, padahal motivasi belajar merupakan hal yang peting dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan pendorong untuk menggerakkan siswa agar semangat belajar sehingga dapat memiliki presatasi belajar.

Adapun cara mencapai motivasi belajar yaitu:

1. Meninggkatkan kualitas guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Dalam pembelajaran online, guru adalah faktor penentu keberhasilan pembelajaran online. Guru adalah faktor dominan dalam penentuan kualitas pembelajaran. Pemebelajaran yang memiliki kualitas yang baik, akan menghasilkan hasil belajar yang baik juga.

2. Memilih metode pembelajaran yang tepat. Guru dituntut untuk memilih metode yang tepatuntuk mengajar. Jika guru dapat memilih metode pembelajaran dengan tepat maka tujuan pembelajaran akan tercapai dengan mudah. Pemilihan metode pembelajaran yang tepat juga akan meningkatkan motivasi belajar siswa dan minat belajar siswa, sehingga akan tercipta suasana belajar yang menyenangkan.

3. Memaksimalkan fasilitas pembelajaran. Dalam proses pembelajaran, pemanfaatan fasilitas belajar yang baik juga menentukan motivasi belajar dalam proses pembelajaran online. Pembelajaran online memerlukan fasilitas yang menunjang pembelajaran seperti internet dan computer. Pemanfaatan fasilitas yang baik akan menghasilkan materi yang akan disampaikan dengan memaksimalkan fungsi fasilitas yang ada. Pihak sekolah diharapkan memberikan dukungan yang optimal untuk mendukung pembelajaran online yang dilaksnakan oleh para guru. Seperti pengadaan sumber belajar, computer yang tersambungdengan internet, dan alat-alat yang mendukung kegiatan pembelajaran bagi para guru. Sarana dan prasarana tersebuat digunakan untuk mencari pengetahuan dan informasi dari berbagai sumber.

4. Memanfaatkan pengunaan media. Memotivasi bekajar siswa pada pembelajaran online dapat ditingkatkan dengan memanfaatkan pemngunaan media yang menarik, sehingga akan membuat siswa tertarik kepada pembelajaran. Dalam hal ini guru membuat atau menggunakan media animasi untuk mendukung pembelajaran online. Contohnya, guru bisa membuat atau menggunkan media animasi untuk mendukung pembelajaran selanjutnya, yaitu proses penyampian materi pembelajaran yang bersifat abstrak, sehingga dapat lebih mudah dimengerti dan menarik, membuat bagan yang menarik, membuat poster atau membuat anime video.

5. Melakukan evaluasi pembelajaran. Evalusi pada pembelajaran online penting untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan dengan melakukan evaluasi pada pembelajaran online maka dapat diketahui apakah pembelajaran dapat berjalan efektif atau tidak. Jika dirasa tidak efektif maka perlu melakukan mdifikasi pada sistim pembelajaran yang sesuai dengan siswa (frismayanti,2020). (***)

Rujukan:

Adhetyacahyanidkk. 2020. Motivasibelajarsiswa SMA pada pembelajaran daring dimasapandemi covid-19: jurnal Pendidikan islam volume 3 no.1

Frismayanti. 2020. Meningkatkanmotivasibelajarsiswapembelajaran online akibatpandemi covid-19

Komentar

Artikel Terbaru