Waspada! Mari Memutus Rantai Corona di Batang Barus

163 hit
Paskibraka Kota Padang Panjang Dikukuhkan

Syamsul Azwar

Walinagari Batang Barus Kab. Solok

Salam Hormat buat Masyarakat Batang Barus. Meski salah satu kalimat dalam sebuah filosofi " Bila Tak Ajal Berpantang Untuk Mati" , semuanya adalah rahasia Allah, tak ada yang bisa menolak kematian itu",, kalimat itu cukup mendoktrin kita semua, terutama dalam menanamkan kepercayaan sebagai umat beragama, begitulah tekad umat yang memeluk Agama Islam, semua umat selalu siap untuk menghadapi kematian itu.

Walau demikian, mari kita ikuti petunjuk Ulama dan pemerintah ketika virus corona kian mengancam kehidupan kita, keluarga, tetangga,, nagari dan bangsa. Mari hindari kematian itu akibat dari sebuah kelalaian dan kepasrahan serta sebuah kenekatan selaras dengan ungkapan kalimat diatas. Mari bentengi dan putus mata rantai virus Corona (Covid-19) yang kian menghantui kita.

Sebab bila kita lengah, saat virus menyerang diri kita, keluarga dan saudara kita juga terancam, bayangkan saja ketika diri kita telah dinyatakan Positif Virus yang terbilang kejam dan sulit terdeteksi ini, saat telah memasuki kamar isolasi kita tak lagi bisa bertemu orang orang yg disayangi, sahabat serta keluarga. Bahkan lebih sadisnya ketika jasad telah menjadi mayatpun, tak satupun keluarga bisa menyelenggarakan penguburan jasad kita. Mari kita renungkan bersama begitu kejamnya yang namanya Corona itu.

Atas pemikiran diatas selaku Walinagari Batang Barus, Mari kita waspadai penyebaran Corona di nagari kita sebagai upaya menyelamat keluarga dan generasi penerus Batang Barus. Mari kubur sebuah penyesalan saat kita telah terserang virus ganas itu, dengan upaya pencegahan bersama..

UNTUK ITU MARI KITA LAKUKAN LANGKAH LANGKAH PENCEGAHANNYA.

1, MENCUCI TANGAN SETIAP WAKTU PAKAI DETERGEN/SABUN DG AIR MENGALIR.

2. MENGURANGI BERINTERAKSI/BERJABATAN TANGAN DENGAN ORANG LAIN.

3. MEMBERSIHKAN LINGKUNGAN RUMAH DAN WC.

4. TIDAK MEMBUANG SAMPAH SEMBARANGAN, MEMBUAT TEMPAT TEMPAT PEMBAKARAN ATAU PENGUBURAN SAMPAH DI MASING MASING RUMAH.

5. KARENA KITA MAYORITAS MENGANTUNGKAN KEHIDUPAN DI SEKTOR PERTANIAN DAN PERKEBUNAN, TETAP LAKSANAKAN SEPERTI SEDIA KALA, DENGAN MANGATUR JARAK DG ORANG LAIN LEBIH KURANG DUA METER, CAHAYA MATAHARI ITU JUGA DINILAI MAMPU MEMBASMI VIRUS VIRUS PENYAKIT.

5. MENJAGA ASUPAN GIZI PADA TUBUH, SEHINGGA TUBUT SELALU FIT SERTA BEROLAHRAGA. SERING MINUM AIR PUTIH HANGAT DAN BUAH.

6. BILA TAK TERLALU PENTING HINDARI PERJALANAN KELUAR/LIBURAN/NONGKRONG DAN TEMPAT KERAMAIAN SAMPAI SITUASI KONDUSIF.

7. PATUHI HIMBAUAN/EDARAN atau Surat SURAT PEMBERITAHUAN YG DIKELUARKAN PEMERINTAH.

8. SELALU BERDOA, AGAR KITA SEMUA SELALU DIBERIKAN PERLINDUNGAN OLEH ALLAH, SWT.

9. MARI KITA GERAKKAN BERSAMA STOP PENYEBARAN VIRUS CORONA COVID-19 DI NAGARI KITA TERCINTA, BILA DEMAM SEGERA CEK KESEHATAN KITA KE PUSTU/PUSKESMAS ATAU LAYANAN KESEHATAN TERDEKAT.

DEMIKIANLAH HIMBAUAN INI, SAYANGI DIRI, ISTRI, ANAK DAN KELUARGA SERTA KARIB KERABAT DENGAN MEMATUHI LANGKAH LANGKAH DIATAS, SEBELUM HADIRNYA PENEYESALAN YANG TAK BERARTI SAAT UBUH KITA MENJADI SARANA PENEYEBARAN VIRUS YANG MEMATIKAN ERSEBUT.

SALAM HORMAT SELALU, SEMOGA KITA DIJAUHKAN DARI PENYEBARAN CORONA, AMIIN. (***)

Komentar

Artikel Terbaru