Kerja dan Kinerja

760 hit
Paskibraka Kota Padang Panjang Dikukuhkan

Feri Fren

Widyaprada BBPMP Prov. Sumbar

Tergelitik dari sebuah perkataan yang di ungkapkan oleh Buya Hamka sebagai seorang tokoh dan ulama besar dari ranah Minang " Kalau hidup hanya sekedar hidup, kera di rimba juga hidup. Kalau kerja hanya sekedar kerja, kerbau di sawah juga bekerja.

Ungkapan tersebut apabila kita cermati dan renungkan secara mendalam akan memberikan arti yang sangat besar bagi kita dalam prestasi di dunia kerja.

Kerja menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia( KBBI) dapat diartikan sebagai kegiatan untuk melakukan sesuatu yang dilakukan atau diperbuat dan sesuatu yang dilakukan untuk mencari nafkah, mata pencaharian.

Dalam bekerja memang yang akan di capai adalah target. Untuk mewujudkannya diperlukan program, kegiatan, strategi, dan prosedur.

Namun tidak cukup hanya itu, dalam bekerja juga diperlukan budaya kerja seperti karakter, nilai dan keyakinan agar kinerja atas prestasi kerja yang diperoleh bisa lebih optimal.

Dengan Adanya budaya kerja yang baik tentu akan menghasilkan kinerja yang bagus. Masalah spiritual, intelektual dan emosional sangat perlu diperhatikan, karena ini menyangkut bagian dari karakter.

Dalam membangun karakter diperlukan beberapa perubahan seperti kerangka berfikir, kebiasaan, perilaku, dan budaya kerja itu sendiri.

Mudah-mudahan dengan memahami semua ini kinerja dalam bekerja kita bisa ditingkatkan. Semoga.

Komentar

Artikel Terbaru